Narayana, G B Sathya (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 1 BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313021005-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABTRAK)
1313021005-ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (738kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (711kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313021005-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hasil identifikasi masalah pada studi awal menunjukkan hasil belajar siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bangli rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) secara daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bangli. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Bangli dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari data yang diperoleh setelah tes hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Masing-masing siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,47, standar deviasi sebesar 3,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,89%. Siklus II didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 79,44, standar deviasi sebesar 4,17 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,11%. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 95 dan nilai terendah sebesar 70. Tanggapan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bangli tahun pelajaran 2019/2020 terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) secara daring berada pada kategori positif dengan skor rata-rata sebesar 76,06. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa dengan diterapakan model Problem Based Learning (PBL) secara daring dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Solusi dari kendala-kendala dalam penerapan model pembelajara ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya guna memperoleh hasil belajar fisika yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), hasil belajar siswa, pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | G. B. Sathya Narayana |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3677 |
Actions (login required)
View Item |