Darmiasih, Putu Eka Putri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071016-COVER.pdf Download (607kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071016-ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071016-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan perbedaan pemahaman konsep siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi experiment dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Singaraja yang terbagi kedalam 10 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian didapatkan 64 siswa yang tersebar ke dalam 2 kelas. Data pemahaman konsep siswa dikumpulkan melalui pemberian tes pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda diperluas yang terdiri dari 20 butir dengan reliabilitas 0,81. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memperoleh kualifikasi sedang (N-gain=0,55). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung (sig<0,05). Hasil dari uji LSD menunjukan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Think Pair Share, Pembelajaran Langsung. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Putu Eka Putri Darmiasih |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 01:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 01:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4111 |
Actions (login required)
View Item |