HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERILAKU EMPATI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN BULELENG

Irdianti, Putu Ria (2020) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERILAKU EMPATI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031181-COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031181-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031181-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031181-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031181-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar PKn , hubungan yang signifikan antara perilaku empati dan hasil belajar PKn , serta hubungan yang signifikan antara minat belajar dan perilaku empati terhadap hasil belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Buleleng dengan jumlah 132 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 120 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode non-tes berupa kuisioner dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh : (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar PKn dengan rx1y = 0,526 dan koefesien determinasi sebesar 27,6%, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku empati dan hasil belajar PKn dengan rx2y = 0,539 dan koefisien determinasi sebesar 29%, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan perilaku empati terdapat hasil belajar PKn dengan rx1x2y = 0,601 dan koefesien determinasi sebesar 36,1%. Hasil analisis data tersebut dapat diketahui bahwa nilai rhitung > dari nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,150. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar PKn, terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku empati dan hasil belajar PKn, serta secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan perilaku empati terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Buleleng. Dengan demikian, faktor minat belajar dan perilaku empati dapat dijadikan sebagai prediktor tolak ukur keberhasilan belajar dalam belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil temuan penelitian, diharapkan siswa, guru, kepala sekolah, dan peneliti lain untuk lebih memperhatikan faktor minat belajar dan perilaku empati dalam menunjang keberhasilan belajar khususnya pada mata pelajaran PKn sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal. Kata kunci : minat belajar, perilaku empati, hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, perilaku empati, hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: PUTU RIA IRDIANTI
Date Deposited: 23 Oct 2020 12:55
Last Modified: 23 Oct 2020 12:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item