Nova, Yashinta (2020) PELAKSANAAN PROGRAM PAUD INKLUSI BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS DI RA ANAK EMAS KOTA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061044-COVER.pdf Download (760kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061044-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PEMBAHASAN)
1611061044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061044-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang diterapkan di PAUD Inklusi berbasis pendidikan Islam kepada siswa yang berada di RA Anak Emas Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berupa narasumber yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah mengamati secara mendalam aktivitas pembelajaran, interaksi sosial orang-orang atau peserta didik yang berada di TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan kurikulum 2013 digunakan untuk siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus. Perencanaan pembelajaran dilakukan tidak bersamaan. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan kegiatan pembuka, inti dan penutup. Metode untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan metode komunikasi dan metode perintah langsung. Pendalaman materi agama dikaitkan dengan ajaran aqidah, akhlak dan fiqih. Evaluasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan metode observasi, catatan anekdot dan percakapan. Sosialisasi peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus berjalan baik. Sosialisasi peserta didik berkebutuhan khusus dan guru berjalan baik. Kata kunci: program paud inklusi, pendidikan Islam, anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program paud inklusi, pendidikan Islam, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | YASHINTA NOVA HASTARI |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 02:50 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4470 |
Actions (login required)
View Item |