Veronica, Bella (2020) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE- KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021044-COVER 2.pdf Download (719kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021044-ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021044-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Abiansemal yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) hubungan sikap belajar dan prestasi belajar fisika siswa, (2) hubungan keterampilan metakognitif dan prestasi belajar fisika siswa, dan (3) hubungan sikap belajar dan keterampilan metakognitif dengan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 478 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 250 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data sikap belajar dan keterampilan metakognitif dikumpulkan dengan kuesioner dan prestasi belajar dengan tes uraian. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dan prestasi belajar fisika (F = 14,48; R = 0,235; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 3,82 %, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif dan prestasi belajar fisika (F = 11,02; R = 0,206; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 3,62 %, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dan keterampilan metakognitif dengan prestasi belajar fisika ( F = 9,97; R = 0,273; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 7,50 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap belajar, keterampilan metakognitif, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | BELLA VERONICA |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 09:31 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 09:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4636 |
Actions (login required)
View Item |