HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE- KECAMATAN ABIANSEMAL

Veronica, Bella (2020) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE- KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021044-COVER 2.pdf

Download (719kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021044-ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021044-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Abiansemal yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) hubungan sikap belajar dan prestasi belajar fisika siswa, (2) hubungan keterampilan metakognitif dan prestasi belajar fisika siswa, dan (3) hubungan sikap belajar dan keterampilan metakognitif dengan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 478 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 250 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data sikap belajar dan keterampilan metakognitif dikumpulkan dengan kuesioner dan prestasi belajar dengan tes uraian. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dan prestasi belajar fisika (F = 14,48; R = 0,235; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 3,82 %, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif dan prestasi belajar fisika (F = 11,02; R = 0,206; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 3,62 %, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dan keterampilan metakognitif dengan prestasi belajar fisika ( F = 9,97; R = 0,273; p < 0,05) serta sumbangan efektif sebesar 7,50 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sikap belajar, keterampilan metakognitif, prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: BELLA VERONICA
Date Deposited: 27 Oct 2020 09:31
Last Modified: 27 Oct 2020 09:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4636

Actions (login required)

View Item View Item