HUBUNGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Wiguna, I Gede Angga (2021) HUBUNGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021012-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021012-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri se-kecamatan Denpasar Selatan menjadi masalah utama yang disebabkan beberapa faktor, termasuk kepribadian siswa dan motivasi belajar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) hubungan antara kepribadian siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-kecamatan Denpasar Selatan pada tahun pelajaran 2020/2021, (2) hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-kecamatan Denpasar Selatan pada tahun pelajaran 2020/2021, dan (3) hubungan antara kepribadian siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika kelas XI MIPA SMA Negeri se-kecamatan Denpasar Selatan pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 480 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 385 siswa. Penilaian kepribadian siswa dan motivasi belajar dengan kuesioner sedangkan penilaian prestasi belajar fisika siswa dengan tes pilihan ganda. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner kepribadian siswa dan motivasi belajar masing-masing sebesar 0,757 dan 0,902 sedangkan tes prestasi belajar sebesar 0,805. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas sebaran data, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat (1) hubungan positif antara kepribadian siswa dengan prestasi belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar 1.94%, (2) hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar 4,06%, dan (3) hubungan positif antara kepribadian siswa dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika serta sumbangan efektif sebesar 6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepribadian siswa, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Gede Angga Wiguna
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:46
Last Modified: 27 Jul 2021 02:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item