Adnyani, I Gusti Ayu Agung Widya (2021) PENGEBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBIG DENGAN MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI IPA KELAS VIII SMP SEMESTER 2. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1823071001-COVER.pdf Download (240kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823071001-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823071001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823071001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hasil belajar IPA siswa saat ini masih tergolong rendah karena terbatasnya penggunaan sumber belajar IPA yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk menemukan konsep sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membentuk karakter disiplin, jujur dan rasa ingin tahu pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan pedidikan karakter yang merupakan modifikasi dari produk LKS yang sudah ada sebelumnya. Selajutnya LKS yang telah disusun diuji untuk mengetahui: (1) karakteritik LKS (2) validitas LKS, (3) kepraktisan LKS, dan (4) efektivitas LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain uji coba Pre-test a nd Post-test One Group. Instrument yang digunakan adalah pedoman penilaian validasi ahli, angket kepraktisan LKS dan soal objektif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) rata-rata persentase uji ahli IPA adalah 96% kriteria sangat valid dan 86% untuk aspek kebahasaan dan kegrafisan kriteria sangat valid dari ahli bahasa, (2) memenuhi syarat kepraktisan guru dan siswa dengan rata-rata persentase 87,5%, dan (3) memenuhi syarat efektivitas karena kriteria hasil belajar siswa meliputi 2 orang siswa denga kriteria hasil belajar sangat baik, 12 orang dengan kriteria hasil belajar baik, 13 orang dengan kriteria hasil belajar cukup baik dan 5 orang siswa dengan kriteria hasil belajar kurang baik. Kata kunci : LKS, inkuiri terbimbing, pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, inkuiri terbimbing, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Widya Adnyani |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 03:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8132 |
Actions (login required)
View Item |