Sariningsih, Ni Luh Ropik (2020) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 8 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Fisika.
Text (COVER)
1613021040-COVER.pdf Download (751kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021040-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021040-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya motivasi belajar dan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika, 2) mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar fisika, dan 3) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 352 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 215 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data motivasi belajar dan kecerdasan emosional menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes esai. Nilai reliabilitas kuesioner motivasi belajar sebesar 0,910, kuesioner kecerdasan emosional sebesar 0,887, dan tes prestasi belajar fisika sebesar 0,876. Teknik analisis data terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, uji korelasi, dan uji hipotesis. Temuan menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi, sedangkan prestasi belajar fisika berada pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 6,21%, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 1,99%, dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 8,20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, kecerdasan emosional, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | NI LUH ROPIK SARININGSIH |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3361 |
Actions (login required)
View Item |